Friday, February 19, 2010

Hati-hati dengan Kenyamanan!

Dikisahkan suatu malam,ada 2 ekor katak yang sedang kedinginan (padahal mana mungkin katak kedinginan, mainnya aja hujan2an, hehehe...). Katak A berkata pada katak B, "Gimana klo kita cari tempat yang hangat?". Menyetujui saran temannya, kedua katak masuk ke dalam rumah dan mendapati 2 panci penuh air, yang satu di atas meja sedang yang satu di atas tungku perapian yang baru menyala. Tanpa menunggu lama lagi, mereka menceburkan diri ke dalam panci. Katak A masuk ke dalam panci yang di atas meja dan katak B masuk ke dalam panci yang di atas tungku. Mengetahui temannya masuk ke dalam air yang sedang direbus, katak A segera berkata, "Hey, kamu jangan berendam di sana, masuk ke panci sini saja, jd satu dengan aku!". Katak B menjawab, "Kamu bodoh, kita kan cari kehangatan, coba kamu masuk ke panciku, di sini airnya hangat sekali, makin lama malah makin hangat, makin terasa nyaman dan nikmat kawan". Menyadari bahwa temannya berada dlm bahaya karena air yang semakin panas, katak A berteriak, "Hoi, cepat keluar sebelum kamu mati di sana karena air tempatmu berendam itu semakin panas, bukan hangat lagi, lama-lama kamu bisa mati!". Tapi katak B tetap tidak menghiraukan peringatan temannya hingga akhirnya mati dan jadi katak rebus.

Berapa banyak dari kita yang seringkali merasakan kenyamanan ketika berada pada suatu posisi. Merasa nyaman dan menikmati posisi kita tentu tidaklah salah, selama itu dalam koridor bersyukur dan merasakan posisi kita itu sebagai panggilan. Tetapi masalahnya seringkali kenyamanan itu membuat kita lalai, membuat kita malas, membuat kita tidak menyadari bahwa sesungguhnya kita bisa berbuat lebih dari pencapaian kita selama ini.
Temanz, tips motivasi kita kali ini bukan bermaksud melarang kita untuk menikmati posisi kita saat ini. Posisi di sini bisa diartikan jabatan/ pekerjaan, perusahaan/ organisasi, kelas, lingkungan, dsb. Maksudnya adalah agar kita lebih berhati-hati saat kita mulai menikamati kenyamanan di suatu posisi. Berapa banyak orang2 yang ketika akan keluar dari perusahaan merasa bingung dan takut apa nanti bisa diterima di perusahaan lain. Berapa banyak aktivis yang merasa nyaman di dalam organisasinya tetapi ga sadar bahwa yang dilakukannya adalah rutinitas belaka tanpa ada inovasi. Berapa banyak anak/ remaja yg merasa nyaman di pergaulannya tanpa menyadari bahwa teman-temannya mulai menarik dia ke lembah hitam dan menjerumuskannya ke kegiatan2 yang ga karuan.
Kenyamanan dalam sebuah posisi seringkali membuat kita puas dengan hasil yang sudah kita capai, membuat kita takut keluar dari sebuah kebiasaan meskipun itu tidak lagi produktif dan efektif, membuat kita enggan untuk memcoba hal2 baru karena khawatir akan kegagalan yang memang akan selalu mungkin mengkuti sebuah percobaan baru, dan yang paling parah kenyamanan bisa membuat kita tidak sadar bahwa ada musuh, lawan, rival, ancaman, (atau apapun istilahnya) yang sedang mengintai kita dan menunggu kita berada di titikterlemah untuk kemudian menyerang dan menghancurkan kita.
So, start from now, mulai hati-hati dan waspada dengan kenyamanan ya, jika memang perlu melompatlah segera sebelum air semakin panas dan mematikanmu dalam kenyamanan. Salam sukses selalu dan sampai jumpa pada tips motivasi berikutnya.

No comments:

Post a Comment